New to site?


Login

Lost password? (close)

Already have an account?


Signup

(close)
25
Mar
Bayar Pajak, Bonus Perlindungan
  • Author
    proteksiatoz.net
  • Comments
    0 Comments
  • Category

Ada kegiatan rutin tahunan, selain mengganti kalender, yang harus dilakukan penduduk Indonesia khususnya para pemilik kendaraan bermotor yaitu membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Saat melaksanakan ritual tahunan tersebut, uang yang kita setorkan itu sudah termasuk premi asuransi untuk melindungi para penumpang & pengemudi kendaraan bermotor jika terjadi kecelakaan lalu lintas. Preminya disebut juga sebagai Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

Jasa Raharja selaku penyelenggara perlindungan juga menyediakan fasilitas pengajuan santunan secara daring / online untuk memudahkan para nasabah. Tentu saja, permohonan klaim harus dilampiri dengan dokumen & bukti pelengkap. Tapi, tunggu dulu. Kita juga harus tahu ketentuan-ketentuan yang berlaku untuk bisa mengajukan klaim, diantaranya adalah :

  1. Pemohon santunan (pengemudi / penumpang) terlibat dalam kecelakaan antara 2 kendaraan bermotor atau lebih, bukan karena kecelakaan tunggal, misal menabrak pohon karena ngantuk.
  2. Pemohon santunan (pengemudi / penumpang) harus berada dalam posisi korban, bukan sebagai penyebab kecelakaan antara 2 kendaraan bermotor atau lebih.
  3. Pejalan kaki yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas boleh juga mengajukan klaim. Namun, pejalan kaki maupun pengemudi yang dengan sengaja menerobos pintu perlintasan kereta api tidak berhak atas santunan.
  4. Batas waktu permohonan klaim maksimal 6 bulan sejak terjadinya kecelakaan. Lebih dari itu hak santunan menjadi gugur.
  5. Jika permohonan klaim disetujui Jasa Raharja, batas waktu penagihan santunan maksimal 3 bulan sejak disetujuinya klaim. Lebih dari itu hak santunan juga gugur.

Ketentuan lain yang lebih lengkap bisa dengan mudah dipelajari melalui situs dunia maya www.jasaraharja.co.id, termasuk di antaranya tentang jenis & jumlah santunan, urutan ahli waris, dsb. So, jangan telat bayar PKB ya…

Sukai & Bagikan Artikel Kami :

    Menu
    error: Mohon untuk tidak menyalin isi blog ini.