New to site?


Login

Lost password? (close)

Already have an account?


Signup

(close)
09
Apr
Citius, Altius, Fortius Rasa Asuransi (1)

Baron Pierre de Coubertin, sebagai salah satu pendiri Olimpiade, pertama kali mencetuskan motto “Citius, Altius, Fortius” saat pembentukan Komite Olimpiade Internasional pada tahun 1894. Motto tersebut kemudian diperkenalkan secara luas saat diselenggarakannya Olimpiade Paris pada tahun 1924. Tiga kata bahasa Latin itu sendiri berarti “Lebih Cepat, Lebih Tinggi, Lebih Kuat” yang dipilih sebagai semboyan Olimpiade karena dianggap mewakili semangat olah raga. Namun, semboyan legendaris tersebut selain mendarah daging di dunia olah raga ternyata juga relevan dikaitkan dengan dunia perasuransian.

Kok bisa?

  1. Citius (Lebih Cepat)

Faktor pertama adalah usia. Asuransi jiwa & kesehatan sangat memperhatikan usia & kondisi kesehatan calon tertanggung. Semakin muda usia tertanggung maka diperkirakan risiko kesehatannya semakin kecil dengan catatan tidak ada masalah kesehatan serius yang diderita sebelumnya oleh tertanggung. Karena risikonya dianggap lebih rendah maka premi yang harus disiapkan pun semakin murah. Bisa dikatakan bahwa memiliki asuransi jiwa itu seperti “membeli kesempatan”. Karena saat kita sudah terlanjur divonis oleh dokter bahwa kita memiliki masalah kesehatan serius maka berapapun premi yang kita bersedia curahkan tidak akan bisa membuat kita mendapat perlindungan asuransi jiwa lagi.

Faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah terkait produk asuransi itu sendiri. Rata-rata perlindungan yang disediakan oleh perusahaan asuransi memiliki ketentuan masa tunggu / masa eliminasi (setiap perusahaan asuransi bisa mempunyai istilah sendiri-sendiri) yaitu masa yang harus dilewati sebelum suatu produk proteksi menjadi aktif. Misalnya, masa eliminasi perlindungan terhadap CI (Critical Illness) adalah 90 hari artinya tertanggung/ahli warisnya baru bisa mengajukan klaim uang pertanggungan CI jika musibah tersebut terjadi setelah 90 hari sejak polisnya aktif/inforce. Kurang dari 90 hari klaim tidak bisa diajukan.

Dua alasan itulah yang memperkuat argumen “Semakin cepat memiliki perlindungan, semakin baik” karena di satu sisi kita bisa menekan biaya premi untuk mendapatkan uang pertanggungan yang lebih memadai dan di sisi lainnya kita tidak pernah tahu cepat atau lambat musibah datang mengetuk pintu.

Bersambung ke Citius, Altius, Fortius Rasa Asuransi (2)…

Sukai & Bagikan Artikel Kami :

    Menu
    error: Mohon untuk tidak menyalin isi blog ini.