New to site?


Login

Lost password? (close)

Already have an account?


Signup

(close)
10
Apr
Citius, Altius, Fortius Rasa Asuransi (2)

…Sambungan dari Citius, Altius, Fortius Rasa Asuransi (1).

  1. Altius (Lebih Tinggi)

Selain usia, kondisi kesehatan & jenis proteksi, besaran premi juga turut berpengaruh dalam menentukan tinggi rendahnya uang pertanggungan (UP). Dua orang yang usia, kondisi kesehatannya, serta jenis proteksi yang diambil sama akan memperoleh UP berbeda jika nominal preminya juga berbeda.

Idealnya, semakin tinggi nilai UP polis maka semakin tenang kehidupan keluarga kita. Tentu saja, tingginya nilai UP tersebut jangan sampai mengganggu stabilitas keuangan keluarga untuk keperluan operasional sehari-hari. Sikap realistis tetap diperlukan dalam mengalokasikan berapa besarnya premi yang harus kita siapkan. Masalahnya, masih banyak orang yang menentukan besaran premi dengan sikap ala kadarnya. “Yang penting punya asuransi. UP gak usah tinggi-tinggilah, toh belum tentu juga kena CI”, demikian ujar orang-orang yang apatis. Padahal sebenarnya mereka mampu secara finansial untuk merencanakan UP yang lebih tinggi. Beda lagi ceritanya kalau orang tersebut memang memiliki keterbatasan keuangan.

Mendiang Julia Perez (JuPe), salah satu selebriti Indonesia yang terkenal, mengatakan, “Kalo tahu akan sakit maka saya akan memilih uang pertanggungan Rp 3 atau 5 miliar sejak awal daripada harus berhutang sana-sini saat saya sakit kemarin. Namun, ternyata saya terlalu pelit dengan diri sendiri”. Hal itu diucapkannya saat menerima UP Critical Illness (CI) dari Allianz ketika dia terdiagnosa kanker serviks. JuPe memang pantas menyesal. Dengan total UP CI “hanya” sekitar Rp 900 juta sebenarnya perlindungan JuPe masih bisa ditingkatkan lagi mengingat statusnya sebagai selebriti laris yang tentu saja gemuk pundi-pundi uangnya. Jika mampu membelikan Gaston Castano, mantan pacarnya, sebuah mobil mewah mestinya JuPe mampu juga menambah UP nya. “Jangan pelit sama diri sendiri,” pungkas JuPe saat itu.

Mengapa kita membutuhkan UP yang lebih tinggi atau setinggi-tingginya sesuai kemampuan finansial keluarga kita? Pertama, sifat sebagian besar penyakit kritis yang memang sangat berbahaya & butuh penanganan khusus sehingga menghabiskan banyak biaya. Oleh karenanya, kita perlu UP Critical Illness yang memadai. Sedangkan untuk UP Jiwa, tentu saja kita juga perlu memberi bekal yang layak kepada pasangan & anak-anak kita agar mereka bisa melanjutkan hidup dengan baik. Kedua, nominal UP yang kita miliki saat ini (jiwa maupun critical illness) mungkin sudah cukup besar menurut ukuran sekarang. Namun, cukupkah untuk 10 tahun ke depan? 20 tahun? 30 tahun? Itulah faktor inflasi, sang pencuri tak kelihatan yang 100% sanggup mencuri nilai harta kita.

Bersambung ke Citius, Altius, Fortius Rasa Asuransi (3)…

Sukai & Bagikan Artikel Kami :

    Menu
    error: Mohon untuk tidak menyalin isi blog ini.