New to site?


Login

Lost password? (close)

Already have an account?


Signup

(close)
22
Aug
Kisah Perjalanan Allianz

1890 – Allianz didirikan di Munich oleh Carl Thieme (spesialis asuransi) dan Wilhelm Finck (bankir). Bermarkas di Berlin sebagai asuransi maritim & kecelakaan, Thieme & Finck menggelontorkan dana awal untuk Allianz sebesar 4 juta Mark Jerman.

1893 – Allianz mulai mengepakkan sayap ke luar negeri dengan membuka kantor cabang di London, Inggris.

1895 – Tanggal 12 Desember 1895, saham Allianz diperdagangkan pertama kali di Bursa Saham Berlin dengan harga 250 Mark Jerman per lembar saham. Pada akhir perdagangan hari itu nilainya menanjak menjadi 750 Mark Jerman.

1906 – Gempa bumi San Fransisco 18 April 1906 dan kebakaran yang menyertainya adalah bencana bagi perusahaan asuransi di seluruh dunia. Sekira 80% wilayah San Fransisco hancur. Allianz menderita kerugian kurang lebih 300.000 Mark Jerman.

1914 – Perang Dunia I meletus. Saat ini, Allianz telah berekspansi ke Amerika Serikat, Belanda, Skandinavia, Italia, Belgia, Perancis, dan negara-negara Balkan. Walaupun Allianz menjadi perusahaan asuransi maritim terbesar di Jerman, pertumbuhan Allianz mulai masuk masa suram.

1915 – Pendapatan premi Allianz merosot sebesar 20% dan diikuti dengan terhentinya pertumbuhan perusahaan.

1918 – Akhir Perang Dunia I, kekalahan Jerman menyeret rakyat Jerman ke dalam krisis serius. Namun, bersama dengan Munich Re & Kaiserlicher Automobilclub, Allianz mendirikan Kraft Versicherungs-AG (perusahaan asuransi kendaraan bermotor).

1920 – Sepanjang tahun 1920 lalu lintas kendaraan semakin meningkat dan Allianz menjadi perusahaan asuransi kendaraan bermotor terbesar di Jerman.

1922 – Setelah sukses sebagai perusahaan asuransi perjalanan & kecelakaan, Allianz mulai membentuk Allianz Life tahun 1922. Allianz segera menjadi perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jerman & Eropa.

1929 – Perusahaan asuransi terbesar kedua di Jerman, Frankfurter-Versicherungs-AG (FAVAG), ambruk. Allianz mengambil alih portofolio asuransinya untuk menyelamatkan kepentingan para pemegang polis FAVAG. Sebelumnya, Allianz telah mengakuisisi beberapa institusi keuangan di Jerman.

1932 – Allianz mendirikan Pusat Pengujian Material. Tugasnya, menyelidiki aspek teknis & pengetahuan terkait asuransi mesin. Saat Perang Dunia II departemen teknologi otomotif ditambahkan & namanya berubah menjadi Pusat Teknologi Allianz. Institusi ini ditujukan untuk riset kerusakan & pencegahan risiko.

1945 – Akhir Perang Dunia II, kantor pusat Allianz hancur dibom Sekutu. Seluruh aset Allianz remuk redam, pembayaran premi terhenti, investasi Allianz di obligasi pemerintah tak bernilai lagi. Secara teknis, Allianz bangkrut. Beberapa hari setelah berakhirnya Perang Dunia II secara bertahap Allianz kembali beroperasi.

1949 – Allianz memindahkan kantor pusatnya dari Berlin (Jerman Timur) ke Munich (Jerman Barat) karena Jerman terbelah menjadi dua sebagai akibat masalah politik. Aktifitas bisnis internasional Allianz pelan-pelan pulih kembali.

1956 – Tanggal 20 Januari 1956 era pemrosesan data secara elektronik dimulai di Allianz dengan dioperasikannya IBM 650, mesin pemroses data berbentuk drum magnetik pertama di Eropa. Mesin ini memproses lebih dari 10 juta punched cards per tahun untuk kepentingan statistik dan lainnya.

1959 – Sepanjang tahun 1950an, Allianz melanjutkan bisnisnya di Italia & Austria yang terhenti selama Perang Dunia II. Pada tahun 1959, Allianz membuka kantor cabang di Paris, Perancis.

1962 – Total pendapatan premi Allianz melebihi 1 miliar Mark Jerman. Pertumbuhan pendapatan tersebut didorong oleh asuransi kendaraan bermotor. Pada akhir tahun 1960an, lebih dari 50% pendapatan premi disumbangkan oleh asuransi kendaraan bermotor.

1973 – Allianz & Allianz Life mencapai total premi lebih dari 6 miliar Mark Jerman, menjadikan grup Allianz sebagai perusahaan asuransi terbesar di Eropa untuk pertama kalinya. Sekaligus menempatkan Allianz ke dalam posisi 10 besar perusahaan asuransi terbesar di dunia.

1986 – Sejak 1974, Allianz hadir kembali di Inggris dengan nama Allianz International Insurance Company Ltd. di London. Tahun 1986, Allianz mengambil alih Cornhill Insurance PLC yang semakin mengukuhkan posisi Allianz di Inggris untuk pertama kalinya.

1990 – Allianz memantapkan kehadirannya di Jerman Timur dan negara-negara tirai besi lainnya seperti Hongaria, Rusia, Republik Ceko, Rumania, Republik Slovakia, dan Polandia. Saat ini, Allianz adalah perusahaan asuransi asing terkemuka di Eropa Timur & Tengah.

1991 – Tanggal 2 Januari 1991, Allianz mengakuisisi Fireman’s Fund Insurance Company, sebuah grup asuransi yang memiliki sejarah panjang di Amerika Serikat. Hal ini berdampak positif bagi kehadiran Allianz di pasar asuransi terbesar di dunia tersebut.

1997 – Allianz mengambil alih Assurances Generales de France (AGF), sebuah grup asuransi Perancis. Ini adalah akuisisi terbesar dalam sejarah Allianz hingga tahun 1997. Pengambilalihan ini meningkatkan investasi modal Allianz dari 120 miliar Mark Jerman menjadi 600 miliar Mark Jerman.

1998 – Didorong oleh globalisasi pasar keuangan, tahun 1998 Allianz mendirikan Allianz Asset Management, sekarang bernama Allianz Global Investor. Setelah mengakuisisi beberapa institusi keuangan, saat ini Allianz adalah pemain kunci di dunia dalam hal manajemen aset.

1999 – Allianz kembali aktif di pasar Asia setelah tahun 1905 sempat menawarkan asuransi kebakaran di beberapa kota di Cina.

2001 – Allianz membeli Dresdner Bank yang menjadikan perbankan sebagai salah satu bisnis utama Allianz selain asuransi & manajemen asset. Tahun 2008 Allianz menjual Dresdner Bank kepada Commerzbank.

2003 – Allianz pertama kali menjual asuransi mikro di India. Asuransi mikro adalah produk proteksi untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang sebelumnya tidak memiliki akses asuransi.

2005 – Pembukaan Allianz Arena yang merupakan markas bagi dua klub sepakbola, FC Bayern Munchen & TSV 1860.

2006 – Allianz AG berubah menjadi Allianz SE (Societas Europaea), sebuah bentuk badan hukum baru perusahaan publik yang beroperasi di Uni Eropa. Allianz SE adalah perusahaan Eropa pertama yang terdaftar di Dow Jones Euro Stoxx 50.

2013 – Allianz mengambil alih perusahaan asuransi Turki, Yapi Kredi Sigorta. Pengambilalihan ini menjadikan Allianz pemimpin pasar asuransi di Turki.

2015 – Allianz merayakan 125 tahun kehadirannya di dunia.

Sukai & Bagikan Artikel Kami :

    Menu
    error: Mohon untuk tidak menyalin isi blog ini.